Jumat, 13 Januari 2017

Haruskah Pensiun?...


Siapa yang tidak kenal Valentino Rossi? 9 kali juara dunia dengan masing masing 7 kali juara dunia di kelas primer, 1 kali juara dunia di kelas 125cc, dan 1 kali juara dunia di kelas 250cc. Bahkan ketika umurnya sudah di atas 30 an, dirinya masih bisa bersaing dengan para pembalap yang bisa dibilag berselisih umur sangat jauh dengan dirinya. Rossi bahkan sudah pernah mencicipi juara dunia dengan motor yang berbeda, dan dengan regulasi yang berbeda beda pula. Namun dengan umurnya yang akan menginjak 38 tahun ini, banyak pengamat balap yang mengatakan sudah saatnya Rossi pensiun untuk memberikan kesempatan pada yang muda atau generasi selanjutnya untuk meneruskan "Legacy" nya di Motogp. awalnya Marquez terlihat sepeerti akan memegang tongkat estafet atas nama besar Rossi, namun dengan adanya insiden Sepang Clash pada tahun 2015, banyak penggemar Motogp yang namoaknya masih kurang menyukai Marc, dan tidak dapat dipungkiri bahwa penggemar Rossi adalah penggemar yang paling banyak di dunia, bahkan pada setiap track di setiap seri Motogp, selalu ada bangku khusus penggemar Rossi.


Sudah hampir 10 tahu Rossi belum mencicipi gelar juara dunia lagi, padahal apabila dia berhasil mendapatkan satu gelar juara dunia lagi maka Rossi akan memiliki gelar yang sama dengan pemilik gelar terbanyak di Motogp sepanjang sejarah yaitu Giacomo Agostini, yang memiliki 8 gelar juara di kelas premier. Kemungkinan paling besar kenapa sampai sekarang Rossi belum pensiun adalah untuk memenuhi ambisinya agar dirinya bisa mendapatkan gelar yang sama dengan Agostini, namun dengan melihat peta persaingan yang sekarang, nampaknya akan semakin susah. Apalagi dengan sudha terbukanya perburuan gelar dan bertambahnya pabrikan motor yang kompetitif. Dengan adanya 9 pemenang yang berbeda pada tahun 2016 maka ini tentunya akan semakin menari bagi Motogp, dan juga persaingan gelar juara dunia, walaupun pada akhirnya Marquez sangat diunggulkan, selain dia didukung pabrikan motor terbesar di dunia yaitu Honda, juga dengan umurnya yang masih sangat muda, dimana dirinya baru akan menginjak umur 24 tahun ini
.

Pada musim 2017, perburuan gelar ke 10 Rossi semakin sulit dengan datangnya teman satu tim di Yamaha yaitu Vinales, yang sangat berkembang setelah test pertama di Valencia pada buan Desember. Selain itu dengan berkembangnya Suzuki dan juga Ducati, tentunya akan mempengaruhi perburuan gelar di tahun 2017. Uccio sebagai sahabatnya Rossi berkata kemungkinan Rossi untuk membalap lebih dari umur 40 tahun sangatlah terbuka, apalagi bila kita melihat kecepatan Rossi pada tahun 2015 dan 2016. 


Jadi menurut kamu apakah Rossi akan bisa berhasil mendapatkan gelar dunia ke 10 nya dengan tantangan yang semakin terbuka, dan semakin dewasanya Marquez? Atau sebaiknya Rossi pensiun saja untuk memberikan kesempatan bagi pembalap muda lainnya agar jadi berkembang?.


0 komentar:

Posting Komentar