Jumat, 02 Desember 2016

Evolusi Raja Lintasan Balap



Brosis pasti tahu motor penerus YZR 500 yang memasuki masa pensiun setelah bertugas selama 29 tahun di arena balap roda dua kelas premier?  Ya, karena regulasi baru MotoGP yang mengharuskan perubahan langkah dapur pacu dari 2 tak menjadi 4 tak melahirkan medium baru yang kelak menjadikan pembalap Yamaha raja lintasan: Yamaha YZR-M1.

YZR-M1 generasi pertama perdana muncul pada tahun 2002, yang merupakan singkatan dari “Mission One” dirancang dengan arm yang lebih panjang dengan sumbu roda yang lebih pendek, motor ini diciptakan dengan mesin yang memiliki sistem manajemen elektronik untuk membantu pembalap ketika melakukan pengereman. Sistem injeksi juga diganti dengan Idle Control System (ICS).



Pada tahun 2004 YZR-M1 memulai evolusi pertamanya yang luar biasa ketika duo Valentino Rossi dan sang kepala mekanik Jeremy Burgess mulai bekerjasama dengan Yamaha. Pengembangan sistem pengereman dan keseimbangan menjadi lebih baik saat perpindahan gigi. Bahkan mereka juga memiliki ide untuk memodifikasi mesin dan memperbaiki torsi mesin. Yamaha mengubah jumlah katup per-silinder dari lima katup menjadi empat katup dan menempakan mesin yang membuat pembalap mudah mengendalikan motor saat tikungan.



Dengan dirubahnya kapasitas mesin motoGP dari 990cc menjadi 800cc pada tahun 2007, membuat YZR-M1 kembali mengalami perubahan. Kali ini lebih berfokus kepada kecepatan untuk cornering dan aerodinamika yang lebih baik. Dengan berat mesin kurang lebih 3kg, handlingnya menjadi sangat bagus dengan pengereman yang baik dan traksi ban.

Pada tahun 2012, regulasi kembali berubah untuk menggunakan mesin 1000cc lagi. YZR-M1 pun kembali pembengkakan mesin mengikuti regulasi terbaru. YZR-M1 1000cc dibuat dengan bobot lebih berat di depan, berukuran lebih kecil, namun bertenaga lebih besar. Terdapat juga kontrol lompat, kontrol traksi, dan kontrol gelincir yang dilakukan dengan membuat irama akselerasi lebih linier. Dilansir ia memiliki kecepatan rata-rata lebih tinggi 11 km/jam dibandingkan versi 800cc.

Pengembangan YZR-M1 terus berlangsung hingga sekarang dan ia telah berjasa membawa ‘The Doctor’ Valentino Rossi menjadi juara MotoGP sebanyak empat kali pada tahun 2004, 2005, 2008 dan 2009. Apakah sang raja lintasan yang terus berevolusi akan menambah catatan kemenangan Rossi hingga ia menjadi pembalap dengan sepuluh kali menang?


0 komentar:

Posting Komentar