Rabu, 10 Agustus 2016

Tips Inreyen Motor

Hal-hal yang harus dilakukan untuk motor baru biasanya disebut "Inreyen". Kadang meskipun tidak tahu caranya menggunakan motor terseut, malah dipaksakan begitu saja unuk di inreyen, sehingga motor akan cepat sekali mengalami kerusakan. Antar satu komponen dengan yang lain belum klop atau duduk pada tempatnya. Pada fase ini tingkat keausan komponen sangat tinggi. Diperlukan ketelatenan dengan cara mengatur putaran mesin sesuai yang direkomendasikan pabrikan. Karena jika kitiran mesin terlalu tinggi, maka tekanan yang diderita komponen juga makin kuat.



Jika pada inreyen, motor diberlakukan dengan cara dipaksakan maka target durabillity yang dipatok pabrikan tidak akan tercapai. Oleh karena itu ada yang namanya servis pertama dengan cara membuang oli mesin. Servis pertama yang diberlakukan pada kilometer 1000 adalah upaya membuang gram-gram haus friksi komponen baru. Di fase itulah part saling menempati posisinya untuk keawetan jangka panjang nanti.

Disini akan dierikan beberapa tips yang diberlakukan pabrikan motor agar Inreyen lebih baik:

  • Usahakan untuk tidak memperlakukan motor anda secara ekstrim pada saat 500 km pertama seperti menekan tuas gas terlalu penuh pada saat start, berkendara dengan kecepatan tinggi, atau melakukan pengereman secara mendadak. Kesalahan penggunaan pada motor baru hanya akan berakibat komponen yang terbetuk akibat gesekan atau tumbukan tidak akan bekerja secara optimal
  • Hindari berkendara secara ekstrim terutama pada saat kondisi jalan basah atau licin. Ban motor baru anda masih mengalami proses adaptasi sehingga grip yang dihasilkan di atas jalanan masih belum begitu optimal dan beresiko slip.
  • Jangan mengangkut beban yang berlebihan pada saat masa inreyen. Hal ini hanya akan menambah beban kerja komponen-komponen dalam motor anda dan mengurangi usia pemakaian motor anda ke depannya.
  • Segera ganti oli motor anda dengan yang baru setelah anda melalui 1000 km pertama
  • Patuhillah setiap panduan yang terdapat dalam buku pedoman pemakian motor anda.
  • Hal terakhir yang harus anda lakukan adalah membiasakan diri dengan motor baru anda sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar